Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam biasanya dikenal sebagai bahan tambahan dalam bumbu masakan atau bisa dikatakan sebagai penyedap masakan. Tanaman ini dikenal karena daunnya yang memiliki aroma khas. Ternyata daun salam memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun salam bisa diperoleh dengan merebus daun salam dengan air kemudian diambil hasil air rebusan tersebut untuk dikonsumsi.

manfaat daun salam, pengobatan daun salam, fungsi daun salam, kandungan gizi daun salam

Zat yang terkandung di dalam daun salam sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat tersebut antara lain kalsium, zat besi, tannin, minyak atsiri, eugenol, vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Tak banyak yang tahu manfaat daun salam selain sebagai penyedap masakan. Sebagai bagian dari rempah-rempah Indonesia, daun salam sangat mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasar tradisional. Untuk memberikan informasi mengenai manfaat daun salam bagi tubuh, berikut akan dijelaskan manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati diare dan gangguan pencernaan

Daun salam mengandung enzim yang berfungsi untuk memperbaiki system pencernaan jika terjadi kerusakan. Kandungan enzim pada daun salam tersebut menjadikan daun ini mampu mengobati diare dan menyembuhkan gangguan pencernaan. Untuk memperoleh manfaat daun salam dapat dilakukan dengan membuat air rebusan daun salam. Caranya dengan merebus 15 gram daun salam dengan segelas air dan ditambahkan sedikit garam. Rebus hingga mendidih dan air rebusan siap diminum.

2. Mengobati maag

Penyakit maag biasanya mudah kambuh jika seseorang terlambat makan. Penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan di dalam lambung. Manfaat daun salam bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. Caranya dapat dilakukan dengan membuat ramuan yang terdiri dari daun salam dan air yang direbus hingga mendidih kemudian diminum secara teratur setiap hari.

3. Mengatasi asam urat

Asam urat dapat disembuhkan dengan daun salam. Mengkonsumsi air rebusan daun salam secara teratur maka asam urat akan berangsur berkurang.

4. Membantu program diet

Daun salam memiliki kandungan serta yang sangat tinggi sehingga mampu menjaga lambung agar tetap merasa kenyang. Oleh karena itu, daun salam bisa dijadikan sebagai menu diet yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Manfaat daun salam untuk diet dapat diperoleh dengan membuat ramuan yang berupa rebusan daun salam dengan air. Minum air hasil rebusan secara teratur dan rutin agar program diet bisa berhasil.

5. Mengatasi Batuk

Batuk jika tidak segera diatasi bisa menggangu aktivitas dan bisa berkibat berbahaya bagi pernapasan. Penyembuhan batuk dengan menggunakan daun salam dapat dilakukan dengan mudah dan aman bagi tubuh akren atidak menimbulkan efek samping. Untuk memperoleh manfaat daun salam sebagai obat penyembuh batuk, maka dapat dilakukan dengan membuat ramuan yang berasal dari daun salam, madu, jeruk nipis, dan air. Daun salam direbus dengan air hingga mendidih, setelah diangkat kemudian bisa ditambahkan madu dan perasan air jeruk nipis

6. Mengobati hipertensi

Kandungan zat tannin dan flavonoida pada daun salam dapat berfungsi sebagai obat hipertensi. Caranya dengan merebus daun salam dengan 3 gelas air. Minum air rebusan tersebut secara rutin agar hasilnya bisa segera dirasakan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun salam bagi tubuh. Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, daun salam memiliki banyak manfaat bagi tubuh . Manfaat daun salam antara lain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pengobatan dengan menggunakan daun salam termasuk dalam pengobatan herbal yang aman bagi tubuh.