Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Money game Berkedok Investasi Dari D4F Dream For Freedom

Masih teringat beberapa bulan yang lalu terjadi kekisruhan diantara anggota money game MMM Indonesia dimana mereka mengatakan harus me Restart sistem yang mengakibatkan banyak membernya harus merelakan uang yang mereka investasikan, Saat ini muncul program serupa yang mereka katakan lebih baik daripada sistem yang dipakai MMM, benarkah demikian??

Logo Dream For Freedom (D4F), Via : Google+

Dikutip dari beberapa website bahwa D4F atau Dream For Freedom memiliki alamat yang sama dengan PT.Promo Indonesia Mandiri (Promonesia) website jual beli semacam Tokopedia. Dikutip melalui Forum Kaskus yang ditulis oleh pemilik akun "Kharym" menuliskan :

  1. Apakah D4F bisnis ?
  2. Apakah D4F hanya memutar uang member tanpa adanya bisnis yg real ?
  3. Apakah semua yg gabung di D4F, pasti untung ?
  4. Dari mana dana untuk promosi dan gaji admin ?
  5. Apakah D4F akan berujung scam, ketika tidak ada lagi orang yang bergabung ?

Beberapa member D4F memberikan jawabanyang jika disimpulkan maka akan mendapatkan hasil seperti ini :

1. Saya sendiri bingung mau disebut apa D4F itu, karena di iklan yang mereka tampilkan D4F bukan perusahaan, bukan investasi dan bukan MLM. Meski yang ditampilkan seperti itu tapi kita bisa mengkritisinya seperti ini :
  • D4F Bukan Perusahaan : jika bukan perusahaan lantas bagaimana mendapatkan keuntungan?
  • D4F Bukan Investasi : jika bukan investasi bagaimana cara mereka menjanjikan keuntungan 1% per hari ?
  • D4F Bukan MLM : jika bukan MLM kenapa diharuskan untuk merekrut member agar mendapat bonus?
Namun, setelah saya mencoba menggali jawabanya akhirnya menemukan hasil dari salah satu leader D4F mengatakan kalau D4F itu komunitas ala MLM. Dan jika boleh saya lengkapi D4F adalah komunitas money game ala MLM.

2. Diakui bahwa D4F memutar uang member yg baru untuk diberikan ke member lama sebagai keuntungan. Selain itu D4F mempunyai Promonesia, sebuah portal iklan yg beralamat di www.promonesia.com, di D4F juga ada bisnis kecil2an dengan menjual beli RBT, CD, T-shirt, Ebook dll. Mereka mengklaim promonesia inilah yang akan menjadi back up keuangan bagi kegiatan D4F nantinya ketika sudah tidak ada lagi member yg bergabung. Lantas pertanyaannya, apakah benar promonesia akan bisa menjadi back up keuangan, jika saat ini ranking Promonesia di Alexa berada di urutan 1.425 jauh di bawah situs serupa seperti tokopedia yg berada di urutan 16? yang dicek melalui situs www.alexa.com. Memang nantinya ranking promonesia akan naik, tapi jangan tertipu naiknya ranking itu hanya karena member D4F yg tiap hari kesana buat cek bonus. apa akan ada investor yg tertarik jika kondisi promonesia seperti itu ?

3. D4F mengklaim sampai saat ini semua member merasa untung ( wajar karena baru sekitar 40 rb member ), kenapa bisa begitu ? Karena di D4F mereka menjanjikan member bisa untung 1% per hari, berikut ini riwayat aturan di DF gan :
  • Januari 2015 : D4F Launching dengan janji untung 1% per hari
  • Februari 2015 : D4F menambah aturan modal di lock 6 putaran (3 bulan), setelah itu bisa tarik modal
  • Juli 2015 : modal di lock 14 putaran/cycle ( 7 bulan), dan tidak bisa tarik modal. Dan setelah 7 bulan member lama harus tanam modal lagi sesuai paket awal untuk melanjutkan keanggotaan.
Mengapa aturan main berubah? Kemungkinan besar untuk mengurangi beban sistem yg mulai kesulitan membayar bonus dan untung membernya.

Ilustrasinya seperti ini aturan main yg sekarang :
Jika Anda member dengan transfer modal awal 10 juta dan tiket 200 Ribu rupiah tiap putaran, maka 2 minggu kemudian Agan akan mendapatkan 15% persen dari modal tersebut yaitu 1,5 juta ditambah uang tiket anda dikembalikan jadi total 1,7 juta, selanjutnya tentu anda diharuskan mengikuti putaran kedua dengan membayar lagi tiket 200 ribu lagi, hal ini akan terus berulang hingga 14 kali putaran (7 bulan ) tapi hal yang memberatkan adalah karna anda tidak bisa menarik modal anda secara keseluruhan dan anda diharuskan menyetor modal lagi dengan nominal yg sama jika anda ingin terus melanjutkan menjadi member D4F. 
Kesimpulannya setelah 14 putaran ( 7 Bulan ) member yg invest 10 juta bisa, menerima 1.5 jt x 14 = 21 juta dengan rincian :
  • 10 juta = Modal Agan yg sudah terkumpul kembali
  • 10 juta = Agan setor lagi ke D4F untuk memperpanjang keanggotaan Agan
  • 1 Juta = Keuntungan bersih Agan, lumayan lah bisa buat paket internet 7 bulan ke depan...
* kesimpulan ini sudah dikonfirmasi oleh salah satu member D4F.

4. Tentu saja dari uang member yang bergabung, Jika uang member digunakan untuk semua itu secara logika pasti berkurang kan? lantas mengapa bisa bertambah bahkan hingga mencapai 15% setiap 2 minggu? Jawabannya tentu dari member baru yg lainnya lagi dan begitu seterusnya sampai tidak ada member baru lagi. Semoga saja web milik D4F promonesia bisa sukses, jadi para member yg terakhir tidak harus gigit jari.

5. Semua BO yg sumber keuangan utama dari perekrutan member hampir dipastikan bakal scam, lama bertahannya tergantung manajemen dan Backup keuangannya. Ilustrasinya :

  • Jika di D4F hanya ada 10 member dengan modal awal masing-masing 10 juta, maka
  • Pemasukan D4F : Rp. 100.000.000
  • Pengeluaran D4F setelah 14 kali Putaran : Rp. 210.000.000
Jadi jika hari ini ada 10 member yang bergabung, maka dalam kurun waktu 7 bulan (14 putaran) sedikitnya harus ada 11 member baru yg bergabung atau member lama yg tanam modal kembali, karena pengeluaran diatas belum termasuk bonus untuk top leader dan operasional D4F.

Beberapa bukti yang ditambahkan akun "Kharym" dalam thread yang mengulas Investasi bodong D4F

Waspadai Investasi Bodong Program D4F, Via : Bengkulu Express

 D4F Tidak Masuk Akal, Via : Bengkulu Express

 Lanjutan Hal 17, Via : Bengkulu Express

D4F Kalahkan Suku Bunga Bank, Via : Bengkulu Express

Banyak cara yang mereka lakukan untuk meyakinkan calon member mereka bahkan dengan cara yang bahkan bisa mengakibatkan mereka terjerat jalur hukum, hal ini dikarenakan mereka mencantumkan nama atau foto orang lain tanpa persetujuan untuk mereka gunakan sebagai penarik perhatian, Hal ini juga dialami beberapa tokoh seperti pembawa acara "Kick Andy, Ahmad Dhani dan walikota Palembang serta wakil walikota pontianak seperti gambar dibawah.
Kick Andy Membantah ikut program D4F, Via : Kaskus

Foto Akhmad Dhani mengangkat 4 Jari yg diklaim Bergabung dengan D4F yang ternyata sebagai dukungan calon Gubenur Khofifah 2013 lalu, Via : Kaskus

Dan masih banyak lagi, intinya dalam pembahasan kita kali ini berhati-hati dalam menerima tawaran investasi terlebih bagi yang menjanjikan memberikan bunga atau keuntungan yang tidak masuk akal, sebenarnya masih sangat banyak program-program seperti ini yang tersebar di daerah-daerah.

Ciri-ciri Investasi Bodong berbasis Money Game

  • Kita investasi dengan dijanjikan keuntungan berlipat dalam waktu singkat
  • Pada umumnya mereka tidak memiliki Usaha tetap
  • Waspadai foto artis atau Public Figure yang diklaim sepihak untuk dijadikan penarik perhatian

Sumber : Kaskus