Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merry Riana Sosok Pengusaha Wanita Yang Sukses di Usia Muda

Mendengar kata sukses tentu menjadi dambaan setiap orang, baik sukses dalam menuntut ilmu atau pasca menuntut ilmu dimana kita akan kembali ke masyarakat dan berusaha menjadi manusia yang mandiri dalam arti dapat memperoleh penghasilan secara pribadi.

Begitupula dengan keempat sosok yang akan admin ulas kali ini, mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini, ya Merry Riana. Siapa Merry Riana...? Dia adalah seorang entrepreneur yg sukses di usia muda. Beliau juga seorang Speaker, Trainer dan merangkap menjadi Motivator Wanita No.1 di Asia. Merry juga seorang penulis besar, dan salah satu bukunya berjudul "Mimpi Sejuta Dolar", yang sudah diangkat menjadi film layar lebar. 

Merry Riana Sosok Pengusaha Wanita Yang Sukses di Usia Muda, Via : Katakate

Buku karya Merry Riana berkisah tentang perjuangan seorang anak muda yg hidup prihatin dengan uang yang pas-pasan dan mencoba untuk terus bertahan dari tekanan-tekanan hidup hingga akhirnya ia sukses menjadi Milyuner di usia yg masih terbilang cukup muda. Krisis Moneter dan kerusuhan yg terjadi di tahun 1998 membuat Merry Riana, yang hendak mendaftar sebagai mahasiswa Universitas Trisakti membatalkan niatnya untuk melanjutkan studi di Indonesia dan memilih kuliah di Singapura untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (Merry Riana berasal dari keluarga Tionghoa). Dia bukan berasal dari keluarga berada,dan saat kuliahpun ia meminjam dana beasiswa dari Bank Pemerintah Singapura sebesar $40.000 dan harus dilunasi setelah ia lulus kuliah dan bekerja.

Dana tersebut dapat dikatakan sangatlah minim, karena setelah dihitung-hitung ia hanya mangantungi $10 untuk hidup selama seminggu diperantauan.Untuk berhemat, Merry menyiasatinya dengan hanya makan mie instant di pagi hari, untuk makan siang sendiri hanya dengan 2 lembar roti tanpa selai, sebagai tambahan beliau rajin mengikuti seminar dan perkumpulan di malam hari demi makan gratis, bahkan untuk minumpun ia mengambil dari air keran/tap water di kampusnya. Hal itu berangsur setiap hari di tahun pertamanya kuliah. Kehidupan yang sangat memprihatinkan tersebut mendorongnya untuk mencari penghasilan diluar. Dari mulai membagikan pamflet/brosur di jalan, menjadi penjaga toko bunga, dan menjadi pelayan Banquet di hotel.

Sampai akhirnya di ulang tahun yang ke-20, Merry Riana membuat resolusi untuk "Mencapai Kebebasan Finansial Sebelum Usia 30 Tahun".

Diapun mencoba peruntungan dengan bisnis baru yang ia geluti mulai dari melayani pembuatan skripsi, bergabung dengan bisnis MLM, bermain saham, dan akhirnya semua berakhir dengan kegagalan, sampai akhirnya ia sukses sebagai Financial Consultant yang menjual produk-produk keuangan dan perbankan seperti asuransi, kartu kredit, deposito, tabungan dan sebagainya sehingga mengantarkan beliau berhasil mendapatkan penghasilan $1.000.000 di usia 26 tahun. 

Banyak aawak media berbondong-bondong menceritakan kepada publick kisah suksesnya dan dengan segera Merry Riana dikenal sebagai seorang entrepreneur wanita yang sukses dan menjadi Motivator untuk berbagi ilmu dan kiat-kiat suksesnya agar setiap orang menjadi pribadi yang sukses. Kini, Merry Riana mempunyai mimpi untuk memberikan dampak positif bagi 1 juta orang di Asia, terutama di Indonesia. Salah satunya dengan meluncurkan buku "Mimpi Sejuta Dolar" yang sangat inspiratif dan sudah diangkat ke layar lebar.


"You can take me out from Indonesia,but you can never take Indonesia out from me"- Merry Riana -

Bagaimana bu Merry bisa hidup pas-pasan yang hampir setiap harinya ia hanya makan mie instan jika dibandingkan dengan teman-teman beliau yang dapat makan siang dengan enak di kantin kampus sementara ia hanya makan 2 roti tanpa selai, bahkan tak jarang beliau makan di dalam toilet karna malu. 

Apa Yang Dapat Kita Ambil??

Sedikit info, bu Merry hanya mengantungi uang $10 dalam seminggu seperti yang admin sampaikan diatas (coba kita bayangkan kurs saat ini,1 SGD kurang lebih Rp 9.700, berarti dalam seminggu beliau hanya mendapatkan uang saku Rp. 97.000 rupiah). Kira-kira apakah uang tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan anda dalam seminggu? Ditambah lagi kebutuhan hidup di Singapura jumlahnya bisa 2x lipat dibanding di Indonesia. Pernah diceritakan saat itu bu Merry membeli nasi goreng polos (hanya ditambah kecap & bumbu) dan harganya adalah $2!!! Hanya nasi goreng polos, harganya bisa mencapai 19 ribu rupiah. Bayangkan, bagaimana rasanya hidup dengan uang yg minim tapi kita masih butuh uang untuk kebutuhan hidup seperti makan 3x sehari, ditambah lagi segala kebutuhan lainnya seperti sabun, baju dan lain sebagainya. Perjuangan ternyata masih ada setelah ia lulus kuliah dan mencoba berbisnis. Banyak orang menertawakannya karena ia bisa bekerja dan hidup mapan tapi malah mencoba sesuatu yg peruntungannya belum pasti, sampe2 ibunda dari bu Merry saat itu menyuruh beliau untuk bekerja kantoran menjadi karyawan dengan pendapatan tetap yg lebih terjamin. 

Cover Film Mimpi Sejuta Dolar : Merry Riana, Via : Google

Tapi bu Merry sudah membulatkan tekad. Ia bekerja 14 JAM DALAM SEHARI, berdiri di dekat stasiun MRT & halte bus untuk menawarkan asuransi, bahkan ia bekerja sampe tengah malam dan baru pulang jam 2 dini hari, belum lagi pendapatan yang tidak pasti membuatnya terpaksa kembali berhemat untuk mengatur kebutuhan sehari2.

Berkat dari kedisiplinan, tekad, keberanian, perjuangan yg tanpa lelah dan tanpa putus asa itu akhirnya berhasil membuatnya menjadi orang yg sukses. Film "Mimpi Sejuta Dolar" yang sudah diangkat ke film layar lebar.